Microsoft OneNote 2010 merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk
mengorganisasikan semua urusan pencatatan kuliahmu. Aplikasi ini
biasanya terinstalasi bersama Microsoft Office. Caranya? Simak tutorial
ini.
Namanya kuliah pasti berhubungan dengan dosen, mata kuliah, tugas,
laporan dan bahan-bahan lain. Biasanya kamu membutuhkan buku atau
catatan. Saking banyaknya mata kuliah, catatan pasti tersebar
kemana-mana. Bisa jadi kamu sulit menemukan materi yang dibutuhkan.
Manfaat utama OneNote adalah mengumpulkan ide, catatan dan referensi
dalam satu tempat. Jika terkumpul dalam satu wadah otomatis akan
menghemat waktu dan tempat saat akan dilihat. Kamu bisa juga melakukan
pelacakan, atau istilah kerennya tracking, dari catatan kamu.
Bayangkan OneNote seperti beberapa catatan yang dijadikan satu. Kamu
bisa mengelompokkan berdasarkan mata pelajaran. Bisa menyisipkan
gambar, meletakkan presentasi dosen, membuat ToDo List, perhitungan dari
excel atau bahkan foto dosen idola kamu J
Beberapa catatan kuliah diletakkan dalam satu file OneNote.
Masing-masing catatan disebut Notebook. Isi dari notebook disebut
Section. Section terdiri dari beberapa Pages. Nah didalam pages inilah
kamu tuliskan catatan kuliah.
Biar gampang, berikut adalah cara menyiapkan OneNote untuk keperluan kuliahmu:
- Buat file OneNote dengan cara klik menu File dan klik New. Kemudian
klik My Computer untuk meletakkan OneNote pada komputer. Tulis nama
notebook kamu dan tentukan folder tempat menyimpan notebook. Lalu klik
Create Notebook.
- Tulis nama catatan kuliah yang akan dimasukan kedalam OneNote. Misal Pemasaran, Ekonomi Makro, Bahasa Inggris dan Komputer. Caranya klik tab bergambar bintang dan tulis nama tab yang diinginkan.
- Selanjutnya kamu tinggal membuat halaman untuk isi dari section.
Tulis judul halaman yang memudahkan kamu untuk belajar dan melakukan
tracking. Misal untuk section Pemasaran ditulis page sebagai berikut :
Kulum (Kuliah Umum, maksudnya) dari Prof. Hermawan K, Kuliah Harian,
Kuliah Dosen Tamu, Referensi, Catatan tambahan dan lain-lain. Pokoknya
yang bisa bikin kamu feel good dalam belajar.
- Kalau kamu merasa tampilan page kurang gaul, kamu bisa mempercantik
dengan menggunakan template yang sudah disediakan. Klik tombol dropdown
pada menu New Page. Klik menu Page Templates. Tentukan template yang
kamu sukai.
Kamu bisa sisipkan bermacam-macam tipe file pada OneNote yang sudah
dibuat. Bisa tabel, gambar, file bahkan suara. Menu ini diakses dari
menu Insert.
Selain itu kamu bisa tambahkan highlighter, tulisan, kotak, lingkaran dan lain-lain dari menu draw.
Selain itu kamu bisa tambahkan highlighter, tulisan, kotak, lingkaran dan lain-lain dari menu draw.
Temanmu ingin meminjam catatan ? Gampang, share aja OneNote kamu dari
menu Share. Bisa dikirim via email, share ke website atau lewat
jaringan.
Berikut ini adalah contoh penggunaan OneNote. Pada contoh dapat
dilihat bahwa OneNote akan sangat membantu kamu dalam menata
catatan-catatan kuliahmu dengan lebih mudah dan bergaya tentunya.
Tulisan ini masih bersifat dasar, kamu bisa melakukan eksplorasi yang
lebih mendalam untuk dapat memanfaatkan OneNote secara maksimal. Akhir
kata, semoga semangat belajar kamu menjadi lebih baik dengan adanya
sistem pencatatan yang terintegrasi.
0 Response to "Management Catatan Kuliah dengan OneNote"
Posting Komentar