Situs Indonesia yang Terinfeksi Malware

blogger templates
Tercatat oleh Vaksincom setidaknya ada 17 situs yang perlu diwaspadai pada bulan Desember 2013 ini. Dari 17 situs tersebut, diketahui sebanyak 7 situs pemerintahan yakni situs kementerian pendidikan, perusahaan BUMN listrik dan situs pemerintah daerah yang berpotensi menyebarkan malware. Sedangkan, sebanyak 5 situs perusahaan swasta yang terdiri dari perusahaan properti, cargo sampai e-commerce dan 3 situs berasal dari situs pendidikan dan 2 dari organisasi non profit juga terjangkit malware.

Hingga bulan Desember 2013, diketahui masih ada beberapa situs kementerian terkait yang terdeteksi adanya kode VBScript di bagian footer websitenya dan dikategorikan sebagai situs berbahaya oleh Google Safe Browsing. Situs kementerian pendidikan terdeteksi ada yang terinjeksi dengan Trojan VBScript, ada pula situs properti swasta yang terinfeksi Trojan JavaScript.
Malware yang menjangkiti 17 situs tersebut berasal sebagian besar dari keluarga Trojan yang sangat berbahaya jika diakses oleh para pengguna. Malware tersebut khusus menyebarkan diri melalui website seperti Ramnit, Iframe, Java Script, Dropper.

Sayangnya, situs pemerintah yang terjangkiti malware di tahun 2013 tersebut sebagian besarlambat dalam penanganan dan perbaikan terkait keamanan situs. Salah satunya adalah situs departemen yang membidangi pendidikan. Situs tersebut aktif menyebarkan virus Ramnit kepada pengaksesnya yang mayoritas didominasi pelajar-pelajar di Indonesia. Berikut daftar data 17 situs berbahaya asal Indonesia yang terjangkiti malware Desember 2013 ini:
17 Situs Berbahaya Asal Indonesia  Mengidap Malware Desember 2013

0 Response to "Situs Indonesia yang Terinfeksi Malware"

Posting Komentar