untuk UN tahun 2014 kita tidak perlu lagi menungu-nunggu terbitnya kisi-kisi Un 2014. Lho kok begitu? Ya, karena memang kisi-kisi UN 2014 sama dengan kisi-kisi UN 2013.
Kepastian bahwa kisi-kisi UN 2014 sama dengan kisi-kisi UN 2013 setelah diterbitkannya Permendikbud No 97 Tahun 2013 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik Dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan dan Ujian Nasional. Ketentuan itu diatur dalam pasal 22 permendikbud tersebut.
Dengan demikian kita tidak perlu lagi menunggu-nunggu terbitnya kisi-kisi yang baru. Untuk mengunduh kisi-kisi UN 2013 (tahun pelajaran 2012/2013) yang juga belaku untuk UN 2014 (tahun pelajaran 2013/2014) Anda dapat lihat di bawah ini:
1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
NO | KOMPETENSI | INDIKATOR |
1 | Membaca dan memahami berbagaiteks nonsastra (biografi, artikel,berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama). | Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks. |
Menentukan persamaan isi berita. | ||
Menentukan perbedaan penyajian berita. | ||
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan. | ||
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan. | ||
Menyimpulkan isi paragraf. | ||
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah. | ||
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi. | ||
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita | ||
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel. | ||
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama. | ||
2. | Menulis dan menyunting teksnonsastra dengan menggunakankosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama. | Menulis catatan pengalaman pada buku harian. |
Menulis pesan singkat sesuai konteks. | ||
Menulis laporan/pengumuman/resensi. | ||
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca. | ||
Menulis rangkuman. | ||
Menulis teks berita sesuai konteks. | ||
Menulis slogan sesuai konteks. | ||
Menulis iklan sesuai konteks. | ||
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu. | ||
Menulis teks pidato. | ||
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya | ||
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata. | ||
Melengkapi pantun. | ||
Melengkapi puisi. | ||
Melengkapi naskah drama. |
2. MATEMATIKA SMP/MTs
KOMPETENSI | INDIKATOR |
Menggunakan konsep operasi hitungdan sifat-sifat bilangan, perbandingan,bilangan berpangkat, bilangan akar, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. | Menyelesaikan masalah yang berkaitan denganoperasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan. |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
Memahami operasi bentuk aljabar,konsep persamaan danpertidaksamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. | Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar. |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
Menentukan gradien, persamaan garis, atau | |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
Memahami konsep kesebangunan,sifat dan unsur bangun datar, sertakonsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. | Menyelesaikan masalah menggunakan teoremaPythagoras. |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas | |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis- | |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
Memahami sifat dan unsur bangunruang, dan menggunakannya dalampemecahan masalah. | Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang. |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas |
4. | Memahami konsep dalam statistika,serta menerapkannya dalampemecahan masalah. | Menentukan ukuran pemusatan ataumenggunakannya dalam menyelesaikan masalahsehari-hari. |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | ||
5. | Memahami konsep peluang suatukejadian serta menerapkannya dalampemecahan masalah. | Menyelesaikan masalah yang berkaitan denganpeluang suatu kejadian. |
3. BAHASA INGGRIS SMP/MTs
1. | READING (Membaca)Memahami makna dalam wacanatertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. | Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragrafatau informasi tertentu/informasi rinci/informasitersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation, schedule. |
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf | ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf | ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf | ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf | ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf | ||
2. | WRITING (Menulis)Mengungkapkan makna secara tertulisteks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. | Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teksrumpang bentuk recount/narrative sederhana. |
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks | ||
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat | ||
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk |
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) SMP/MTs
1. | Melakukan pengukuran dasar secarateliti dengan menggunakan alat ukuryang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. | Menentukan besaran pokok, besaran turunan dansatuannya atau penggunaan alat ukur dalamkehidupan sehari-hari. |
2. | Menerapkan konsep zat dan kalorserta kegunaannya dalam kehidupansehari-hari. | Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnyaatau penerapan dalam kehidupan sehari-hari. |
2. | Menerapkan konsep zat dan kalorserta kegunaannya dalam kehidupansehari-hari. | Menentukan konversi suhu pada termometer. |
2. | Menerapkan konsep zat dan kalorserta kegunaannya dalam kehidupansehari-hari. | Menentukan besaran kalor dalam proses perubahansuhu atau penerapan perubahan wujud zat dalamkehidupan sehari-hari. |
3. | Mendeskripsikan dasar-dasarmekanika (gerak, gaya, usaha, danenergi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari. | Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukumNewton dalam kehidupan sehari-hari. |
3. | Mendeskripsikan dasar-dasarmekanika (gerak, gaya, usaha, danenergi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari. | Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi . |
3. | Mendeskripsikan dasar-dasarmekanika (gerak, gaya, usaha, danenergi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari. | Menentukan penerapan pesawat sederhana dalamkehidupan sehari-hari. |
3. | Mendeskripsikan dasar-dasarmekanika (gerak, gaya, usaha, danenergi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari. | Menentukan besaran fisis yang terkait dengantekanan pada suatu zat. |
4. | Memahami konsep-konsep danpenerapan, getaran, gelombang,bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. | Menentukan besaran fisis pada getaran ataugelombang. |
4. | Memahami konsep-konsep danpenerapan, getaran, gelombang,bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. | Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalamkehidupan sehari-hari. |
4. | Memahami konsep-konsep danpenerapan, getaran, gelombang,bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. | Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yangberhubungan dengan cermin/lensa atau penerapanalat optik dalam kehidupan sehari-hari. |
5. | Memahami konsep kelistrikan dankemagnetan serta penerapannyadalam kehidupan sehari-hari. | Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapankehidupan sehari-hari. |
5. | Memahami konsep kelistrikan dankemagnetan serta penerapannyadalam kehidupan sehari-hari. | Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalamsuatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atauHukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. |
5. | Memahami konsep kelistrikan dankemagnetan serta penerapannyadalam kehidupan sehari-hari. | Menentukan besaran fisis energi atau daya listrikdalam kehidupan sehari-hari. |
5. | Memahami konsep kelistrikan dankemagnetan serta penerapannyadalam kehidupan sehari-hari. | Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan. |
5. | Memahami konsep kelistrikan dankemagnetan serta penerapannyadalam kehidupan sehari-hari. | Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik ataupenerapannya pada transformator. |
6. | Memahami sistem tata surya danproses yang terjadi didalamnya. | Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atauperedaran bumi-bulan terhadap matahari. |
7 | Mendeskripsikan konsep atom, iondan molekul dihubungkan denganproduk kimia sehari-hari. | Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul sertahubungannya dengan produk kimia sehari-hari. |
8. | Memahami klasifikasi zat serta | Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam. |
perubahannya. | Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campurantermasuk rumus kimia |
perubahannya. | Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentuserta perubahannya. |
Mendeskripsikan pemakaian bahankimia tertentu dalam kehidupansehari-hari. | Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapatdalam beberapa produk kimia. |
Mendeskripsikan pemakaian bahankimia tertentu dalam kehidupansehari-hari. | Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obatpsikotropika serta cara menghindarinya. |
Mendeskripsikan ciri-ciri dankeanekaragaman makhluk hidup, sertapentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan. | Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup. |
Mendeskripsikan ciri-ciri dankeanekaragaman makhluk hidup, sertapentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan. | Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya. |
Mendeskripsikan komponenekosistem, interaksi antarmakhlukhidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. | Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalamekosistem. |
Mendeskripsikan komponenekosistem, interaksi antarmakhlukhidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. | Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasipencemaran/kerusakan lingkungan. |
Mendeskripsikan komponenekosistem, interaksi antarmakhlukhidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. | Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasimanusia dengan kualitas lingkungan berdasarkanhasil pengamatan/kasus. |
Menjelaskan sistem organ padamanusia. | Menjelaskan sistem gerak pada manusia danpenyakit yang berhubungan dengannya. |
Menjelaskan sistem organ padamanusia. | Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan. |
Menjelaskan sistem organ padamanusia. | Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia danpenyakit yang berhubungan dengannya. |
Menjelaskan sistem organ padamanusia. | Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusiadan penyakit yang berhubungan dengannya. |
Menjelaskan sistem organ padamanusia. | Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi padamanusia dan penyakit yang berhubungan dengannya. |
Menjelaskan sistem organ padamanusia. | Menjelaskan sistem saraf dan alat indera padamanusia. |
Menjelaskan sistem organ dalamkehidupan tumbuhan | Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ)pada tumbuhan. |
Menjelaskan sistem organ dalamkehidupan tumbuhan | Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhanterhadap pengaruh lingkungan luar. |
Menjelaskan sistem organ dalamkehidupan tumbuhan | Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut. |
Mengaplikasikan konseppertumbuhan dan perkembangan,kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat. | Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksialam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup. |
Mengaplikasikan konseppertumbuhan dan perkembangan,kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat. | Menginterpretasi proses persilangan berdasarkanhukum Mendel. |
Mengaplikasikan konseppertumbuhan dan perkembangan,kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat. |
0 Response to "Kisi-Kisi UN SMP 2014"
Posting Komentar